Jumat, 22 Januari 2021

STRATEGI PEMASARAN BERAS MERAH ORGANIK

 

STRATEGI PEMASARAN BERAS MERAH ORGANIK

1. SEGMENTASI, TARGETING, DAN POSITIONING

·         Segmentasi

a.       Demografi

Umumnya beras merah organik dapat dinikmati dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain sebagai pengganti nasi putih, biasanya orang dewasa mengkonsumsi beras merah untuk menghindari gula berlebih dan untuk diet bagi kaum wanita.

b.      Geografis

Dalam sejarahnya, beras merah dianggap sebagai makanan para raja. Jawa merupakan daerah yang paling banyak membudidayakan padi merah dengan keragaman varietas yang ada.

c.       Psikologis

Untuk konsumsi beras merah sendiri, di Indonesia masih belum begitu marak dikalangan dewasa, walaupun untuk bayi sudah sangat biasa. Dsri mayritas dewasa adalah kebanyakan dari kaum yang sudah sangat peduli denan kesehatan atau orang tua yang berpotensi terkena penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

d.      Perilaku

Untuk perilaku konsumen yang mengkonsumsi beras merah organik ini adalah berawal dari keinginan untuk menjaga berat badan, dilanjutkan untuk golongan tua yag menjaga kadar gula darah dan diabetes.

·         Targeting

Setelah ditentukan segmentasinya maka langkah kedua adalah menentukan targeting, targeting merupakan upaya perusahaan dalam memasarkan produknya dan membedakannya dari competitor (distinguish it self).

Pemain dalam usaha beras organik relatif masih sedikit dan pasif (umumnya konsumen mencari) bukan produsen mencari, kebutuhan pasar modern seperti Hero, Giant, atau supermarket lain juga sangat tinggi, hal yang harus diperhatikan adalah stabilitas kualitas produk dan stabilitas kontiunitas produk dalam memenuhi kebutuhan pasar.

·         Positioning

Berdasarkan hal tersebut, pemain untuk beras organik masih relatif sedikit, sedangkan kebutuhan pasar akan beras organik cukup tinggi, sehingga pasar masih terbuka lebar, dan persaingan masih relatif sedikit, kendati demikian competitive advatage tetap diperlukan, produk beras organik yang dipasarkan merupakan beras yang pure organik, selain itu juga sebagai perusahaan atau produsen berusaha lebih dekat dengan konsumen dengan melakukan interaksi pasar misal sosialisasi produk organik di komunitas pecinta pangan organik dan sosialisasi kesehatan dan lain sebagainya.

2. BAURAN PEMASARAN

·         Bauran Produk

Jika dibandingkan dengan beras non organik, beras organik memiliki beberapa kelebihan lainnya di antaranya yaitu, saat dimasak, beras organik terasa lebih pulen serta memiliki volume yang lebih banyak dibandingkan dengan beras non organik.

Selain memiliki kelebihan-kelebihan tersebut, ternyata mengonsumsi beras organik juga memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Misalnya saja seperti:

  • Mencegah tubuh dari penyerapan zat-zat kimia berbahaya yang dihasilkan oleh pestisida, pupuk berbahan kimia, dan air yang tercemar.
  • Memiliki kandungan gizi yang lebih terjamin dibandingkan dengan beras non organik.
  • Bebas dari bahan pengawet sehingga beras organik jauh lebih sehat dibanding beras biasa atau non organik.

 

  • Bauran Harga

Harga beras merah organik Mutuku 2 kilo dibanderol seharga Rp94 ribuan, beras merah BSP Farm dijual Rp65 ribu 2 kilo. Sementara untuk merek Tropicana Slim, Rp36.500 per 1 kilogram, juga tersedia merk Orna Organik kemasan 5 kg yang ditawarkan dengan harga Rp140 ribuan.

Beras merah berbeda dengan beras putih. Beras merah hanya mengalami pengelupasan lapisan kulit paling luar dan tidak mengalami proses penggilingan yang panjang seperti beras putih. Jika semua lapisan kulit beras merah dikupas dan diproses lebih lanjut, maka akan didapatkan beras putih. Hal ini membuat beras putih lebih sedikit mengandung vitamin, mineral, asam lemak, dan juga serat dibandingkan beras merah. Karena, semua nutrisi tersebut justru sebagian besar terdapat pada kulit beras.

·         Bauran Distribusi

Pemain dalam usaha beras organik relatif masih sedikit dan pasif (umumnya konsumen mencari) bukan produsen mencari, kebutuhan pasar modern seperti Hero, Giant, atau supermarket lain juga sangat tinggi, hal yang harus diperhatikan adalah stabilitas kualitas produk dan stabilitas kontiunitas produk dalam memenuhi kebutuhan pasar.

·         Bauran Promosi

Promosi merupakan bagian yang paling penting dari proses pemasaran. promosi mencakup semua bentuk dari komunikasi dengan konsumen dan stakeholder dari iklan massal hingga pengembangan presentasi penjualan personal. dalam peluncuran produk beras merah organik ini menyebarkan  voucher potongan harga di supermarket dan juga melalui media iklan di TV, di radio, di koran dan juga baliho reklame yang ada di pinggir jalan. serta pemasaran melalui media sosial seperti YouTube, Facebook dan Twitter. kemudian beras merah organik ini bekerja sama dengan  platform grosir online seperti Happy Fresh dan juga bekerja sama dengan transportasi online seperti grab dan go-jek dengan fitur aplikasi yaitu go Mart yang lebih memudahkan melakukan penjualan dan juga kami juga melakukan promosi di Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan hingga ke Alibaba.

3. Contoh Media Promosi dan Gambar Siap Upload

 

4. Daya Saing Beras Merah di Pasar ASEAN

            Faktor utama yang menjadi tantangan ekspor beras adalah produksi, produktivitas, kontinuitas, kesesuaian lahan, posisi Indonesia dan hatga.

            Strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan daya saing beras ekspor, yaitu denhan meningkatkan produksi,meningkatkan efisiensi dan modernisasi dari hulu ke hilir, fokus pada beras dengan kualitas tinggi dan promosi membuka pasar negara luar.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat masker organik (Kelompok6)

  Masker Organik “ Aster Beauty” (kelompok 6)   Saat ini wajah merupakan salah satu aset yang penting dan harus dijaga kesehatannya bagi set...