a. Analisis Pros-Cons (Aspek positif dan negatif)
Dalam analisis ini, pengusaha harus dapat mencari,mengumpulkan dan mencatat semua informasi yang terkait dengan usulan ide usaha dan kemudian mengelompokkan apakah informasi tersebut termasuk aspek positif atau termasuk aspek negatif. Dalam kesepakatan serta diskusi dari kelompok bisnis kami. Kami bersepakat untuk membangun usaha "SUSU KEDELAI" . Diharapkan melalui produk kami ini dapat memberikan banyak manfaat kepada banyak orang yang menikmati produk kami.
Beberapa informasi yang harus didata adalah :
1. Keahlian yang dimiliki pengusaha untuk menjalankan usaha tersebut
⇨ Maksudnya seorang yang ingin membangun usaha sudah selayaknya mampu menilai dirinya apakah sesuai dengan passion pengusaha tersebut,karena apabila salah dalam mengambil keputusan awal mengenai kemampuan diri sendiri,maka semua egiatan dalam proses produksi selanjutnya akan menghadapi banyak kendala.
2. Ketersediaan bahan baku yang dibutuhkan
⇨ Hendaknya pengusaha mengetahui apakah bahan baku yang dibutuhkan mudah dijangkau. Hal ini juga termasuk kedalam hal yang sangat penting,karena apabila bahan baku sudah terkendala maka semua proses juga akan tekendala dan akan berpengaruh juga kepada biaya yang akan digunakan.
3. Kemudahan mendapatkan bahan baku yang dibutuhkan
⇨Hal ini menyangkut kepada peminimalan modal,waktu dan tenaga oleh pengusaha dalam memproduksi barang atau jasa tersebut.
4. Kemampuan dalam memproduksi dalam satu periode
⇨ Pengusaha harus mengetahui kemapuan memproduksi dalam satu periode produksi. Misalnya dalam satu periode produksi seorang pengusaha harus sudah mencapai target penjualan sebanyak 50 botol susu kedelai. Agar usaha tersebut berjalan dengan suatu pencapaian.
5. Keberadaan dan jumlah pesaing yang mempunyai produk sejenis
⇨ Seorang pengusaha juga harus mampu menganalisis pesaingnya. dari hasil analisis tersebut seorang pengusaha bisa meningkatkan hal-hal yang dapat memikat konsumen agar lebih memilih produknya dan bukan produk pesaing
Aspek POSITIF SUSU KEDELAI
1. 1 .Mudah dijangkau bahan bakunya
2. 2. Pembuatan yang mudah
3. 3. Bahan baku yang murah
4. 4. Prospek bagus karena minuman segar
5. 5. Terbuat dari bahan alami
Aspek NEGATIF SUSU KEDELAI
1. Pesaing banyak
Jika dilihat dari analisa PROS-CONS usaha Susu Kedelai ini lebih banyak memiliki manfaat. Sehingga layak digunakan sebagai salah satu ide usaha yang mengundang banyak peminat dari berbagai kalangan.
➤Analisa SWOT
⟶ suatu cara yang digunakan untuk menilai dan mengukur kekuatan dan kelemahan seorang pengusaha
KONDISI
INTERNAL PENGUSAHA
(Faktor dari
dalam diri pengusaha)
|
|
Strengths (Kekuatan)
|
Weaknesses (Kelemahan)
|
1. Berani
mengambil resiko
2. Berani
mencoba hal baru
3. Pantang
menyerah
4. Banyak
relasi
5. Bisa
memasak
|
1. Tidak
punya banyak waktu
|
Setelah melakukan analisa SWOT ,pengusaha dapat berpikir untuk memaksimalkan kekuatannya dan meminimalkan kelemahannya.
➤ANALISA PESAING
⟶ Seorang pengusaha dalam menjalankan usahanya juga harus melihat segala aspek dan salah satu aspek yang termasuk yaitu adalah pesaing. Dengan mengetahui keunggulan dari para pesaing diharapkan pengusaha mampu lebih mengembangkan inovasi yang lebih menark dan yang membedakannya dengan usaha pesaing tersebut. Contohnya seorang pengusaha lebih mementingkan kepuasan konsumen bukan hanya memikirkan keuntungan yang akan diperolehnya.
🔻KENALI USAHAKU
Pengusaha harus mengetahui kepada siapa sasaran produk yang telah dilakukan. Apakah tertuju kepada ruang lingkup jenis kelamin,usia,pekerjaan atau yang lain. Pengelompokan harus dilakukan untuk mempermudah dalam pemilihan konsumen yang tepat dalam pemakaian produk kita.
Segmentasi pengelompokkan konsumen yang dipakai oleh kelompok kami yaitu dari segi GEOGRAFI,DEMOGRAFI,PSIKOGRAFI.
⭆ Keunggukan Bersaing📢📝
Ada beberapa cara untuk menghadapi banyak persaingan usaha yang semakin ketat saat ini,yaitu
1. Biaya Produksi yang lebih murah 💭Maksimalisasi pada bagian ini merupakan pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan setiap konsumen pasti berupaya untuk meminimalkan pengeluaran tetapi tetap akan mendapatkan apa yang mereka butuhkan atau inginkan. Selain harga yang terjangkau bagi semua kalangan juga memiliki kualitas yang baik.
2. Menciptakan perbedaan dengan produk bersaing🔔 Inovasi baru yang keatif sangat diperlukan seorang pengusaha untuk mempromosikan produknya kepada konsumen. Selain dari segi harga ,Pengusaha juga harus mampu menarik minat konsumen dengan cara memikat rasa penasaran mereka dengan produk kita.
GEOGRAFI
Negara
Indonesia
Jawa Timur
Kota
Bangkalan
DEMOGRAFI
(Jenis Kelamin, Usia, Tingkat Pendapatan,
Tingkat Pendidikan, Agama)
Laki-laki
Perempuan
Segala
usia
Semua
Kalangan
PSIKOGRAFI
(Kaya/Miskin,
Gaya Hidup,
Nilai-nilai
yang dianut, kepribadian)
Semua
kalangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar