Kamis, 17 Desember 2020

Resume Manajemen Pemasaran "Bauran Produk"

 

Bauran Produk



A.     Arti dan macam-macam Produk

Secara umum definisi Produk adalah hasil jadi dari sebuah proses yang dilakukan oleh pembuat atau produsen yang kemudian akan didistribusikan kepada pembeli atau konsumen sesuai yang dibutuhkannya. Macam-macam produk :

1. Produk Konsumsi

Yaitu produk yang digunakan oleh konsumen tingkat akhir, jadi konsumen membeli lalu digunakan langsung sehingga tidak dijual kembali. Secara umum produk yang sering di konsumsi masyarakat digolongkan menjadi tiga bagian diantaranyaProduk kebutuhan sehari-hari.

·         Produk kebutuhan sehari-hari

·         Produk belanjaan.

  • Produk khusus.

2. Produk Industri

Yaitu produk yang dibeli oleh produsen atau perusahaan, yang nantinya akan dijual kembali atau digunakan sebagai bahan baku untuk proses produksi sehingga menghasilkan barang lain. Jadi intinya barang/produk industri digunakan untuk proses produksi. 

A.     Strategi pemasaran produk

1.      Strategi pemasaran dari mulut ke mulut

            Strategi pemasaran dari mulut ke mulut juga harus anda coba, strategi pemasaran ini merupakan salah strategi pemasaran prospek untuk suatu produk apalagi untuk produk baru yang mana pada strategi pemasaran ini si pemasar akan berkomunikasi secara langsung kepada konsumen dan setelah itu si konsumen yang merasa puas dengan produk tersebut akan berkomunikasi lagi dengan konsumen lainnya seperti keluarga, kerabat dan kenalannya.

2.      Strategi pemasaran menggunakan katalog promosi

            Strategi pemasaran menggunakan katalog promosi adalah salah satu strategi pemasaran yang tepat jika produk yang akan dipasarkan lebih dari satu produk atau banyak, dimana pada katalog tersebut akan menampilkan gambar produk, deskripsi produk dan harga produk tersebut.

3.      Strategi pemasaran menggunakan iklan

            Strategi pemasaran menggunakan iklan dapat dilakukan dengan berbagai macam jenis iklan, namun pastikanlah bahwa iklan tersebut sesuai dengan produk seperti kata-kata pemasaran iklan, tempat penayangan iklan dsb.

            Strategi pemasaran menggunakan iklan yang banyak digunakan diantaranya seperti iklan di Google. Dimana pihak Google akan menampilkan iklan anda kepada pada pengguna layanan Google di situs web yang telah terdaftar sebagai mitra Google sebagai ads publisher.

4.      Strategi pemasaran menggunakan sosial media

            Strategi pemasaran menggunakan sosial media adalah salah satu yang harus anda lakukan karena tingkat penggunaan sosial media diseluruh dunia semakin hari semakin bertambah dan itu merupakan sebuah peluang untuk bisnis teman-teman. Contoh sosial media yang prospek dan telah banyak digunakan diantaranya adalah Facebook, Instagram, Twitter, Line dan sebagainya.

5.      Strategi pemasaran memberikan kupon belanja

            Strategi pemasaran memberikan kupon belanja ini bisa anda coba karena sebagian konsumen sangat menyukai atau respek kepada penjual yang bersedia memberikan kupon belanja yang bisa digunakan untuk pengurang harga produk yang akan dibelinya.

6.      Strategi pemasaran kerjasama dengan reseller dan dropship

            Strategi pemasaran kerjasama dengan reseller dan dropship juga harus anda lakukan karena dengan bekerjasama dengan reseller dan dropshipper maka produk baru tersebut menjadi lebih prospek untuk dijual dan akan lebih dikenal oleh konsumen karena pemasaran produk baru tersebut akan dilakukan oleh si reseller dan si dropshipper pula.

7.      Strategi pemasaran Dropshipeper

            Dengan bekerjasama dengan pihak lainnya seperti reseller dan dropshipper memang menguntungkan namun teman-teman harus mempertimbangkan pula apakah ingin bekerjasama dengan reseller ataukah dropshipper karena mereka berbeda satu sama lainnya.

8.      Strategi pemasaran berpastisipasi pada acara tertentu

            Strategi pemasaran berpastisipasi pada acara tertentu adalah salah satu sarana pemasaran yang menarik. Dimana pemasar mencoba untuk melakukan pendekatan kepada konsumen secara langsung dengan ikut berpartisipasi pada acara atau event pihak lainnya.

A.     Arti dan Macam-macam jasa

            Secara umum, pengertian jasa adalah suatu aktivitas atau tindakan yang tidak berwujud, tidak dapat diraba tetapi dapat diidentifikasi, yang direncanakan dan dilaksanakan untuk memenuhi permintaan dan kepuasan konsumen.

Pada dasarnya ada banyak sekali bentuk jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat. Namun, secara garis besar jenis-jenis jasa dapat dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu:

1.     1.  Jasa Perawatan Pribadi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; pijat, perawatan kecantikan, salon, binatu pakaian, dan lain-lain.

2.     2. Jasa Perumahan, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; kamar hotel, apartment, rumah tinggal, kost, dan lainnya.

3.   3. Jasa Komunikasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; telepon, telegram, komputer, internet.

4.    4. Jasa Usaha Rumah Tangga, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; jasa tukang kebun, air minum, perbaikan rumah, dan lain-lain.

5.    5. Jasa Transportasi, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; taxi, jasa pengiriman barang, jasa angkut barang, penyewaan mobil.

6.    6. Jasa Rekreasi dan Hiburan, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini antara lain; kebun binatang, taman bunga, tempat wisata, tempat hiburan, dan lain-lain.

7.    7. Jasa Bisnis dan Profesi lainnya, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; jasa hukum, jasa akuntan, jasa pemasaran, dan lainnya.

8.    8. Jasa Asuransi, Bank dan Finansial, beberapa yang termasuk dalam jenis jasa ini diantaranya; perpajakan, asuransi, perbankan, kredit.

A.     Strategi pemasaran jasa

Ada 2 fokus frame work dari experiental maerketing, yaitu :

A.     Strategic experential modules (SEMs)

Berupa pemberian pengalaman kepada konsumen  melalui 5 tipe pengalaman, yaitu :
1. Tipe sense, memberikan kesan keindahan, kesenangan, kepuasan, melalui adanya stimuli, process dan consequences .

2. Feel, Hal ini bertujuan untuk membangkitkan pengalaman efektif, sehingga ada rasa bangga dan bahagia.

3. Think, ini menciptakan aspek kognitif, problem solving experience

4. Act, ini menyentuh pengalaman dalam gaya hidup, dan brinteraksi   

5. Relate, berhubungan dengan pengalaman individual orang lain dalam budaya tertentu.

B.     Experiences Providers

Ini adalah sebagai alat taktis experiential marketing. Media yang digunakan adalah:

·         Communication dalam bentuk kegiatan promosi

·         Visual/verbal identity, yaitu menciptakan merek yang menyentuh konsumen, ini dapat berupa nama baik perusahaan, logo, map, kertas surat, dan amplop.

·         Product presence, meliputi desain produk, kemasan, karakteristik produk.

·         Co-branding, yaitu mengadakan event marketing dengan kombinasi sponsorship, dan berbagai bentuk kerjasama.

·         Spatial environment, seperti desain gedung, kantor dan suasana perusahaan.

·         People, ini lebih dinamis dalam berinteraksi dengan pelanggan dan langsung menyentuh serta dirasakan oleh pelanggan.

 

Strategi mengelola bukti dalam perusahaan  jasa :

1. Mendesain fisik

2. Harga jasa

3. Mengaitkan pemasaran jasa dengan nama bsar suatu perusahaan

4. Mmebuat jasa berwujud


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manfaat masker organik (Kelompok6)

  Masker Organik “ Aster Beauty” (kelompok 6)   Saat ini wajah merupakan salah satu aset yang penting dan harus dijaga kesehatannya bagi set...